Monday 17 September 2012

Therapi Sengat Lebah

Alhamdulillah, pada kesempatan kemarin di Indonesia. Saya dan keluarga dapat berkunjung ke kediaman Bapak Toto Rihanto. Beliau adalah ayah kepada saudari saya tercinta yang saya kenal dan berjumpa di negeri jiran ini.

Apa yang menjadi Istimewa?
Yaa, meski saya telah lama meninggalkan profesi sebenar, menjadi publik health ; bidan. Saya tetap mempunyai kecenderungan tuk mempelajari dunia kesehatan terutama yang berkenaan dengan Thibbun Nabawi (pengobatan Islam ala Nabi). Dan, bapak Toto ini seorang yang mempunyai kepakaran tuk mengobati dengan sengatan lebah, wow, amazing bukan? ^_^

Selama ini hanya mendengar atau membaca saja melalui media. Kini, saya benar-benar dapat menyaksikannya secara LIVE, heehe...menjadi suatu yang luar biasa bagi saya, melihat makhluk kecil yang bernama LEBAH ini mempunyai POWER tuk mengobati manusia, Subhanallah....

Saya juga diperkenankan melihat sarangnya yang terletak diatas rumah Bapak Toto, duh..sayang sekali kamera dan hp saya tidak dapat mengabadikan semua itu. Saya juga diperkenankan bapak Toto untuk menyaksikan secara langsung cara beliau mengobati sang pasien, kebetulan saat itu Zawjii agak drop setelah perjalanan 24 jam dari Jakarta-Tasikmalaya! Benar-benar terasa yang namanya MUDIK.

Saya melihat dan mengamati cara beliau dengan seksama, meski agak takut-takut si lebah nya salah menyengat heehe....sebab ada satu lebah yang terlepas saat akan dimulai pengobatan. Diawal, bapak Toto mengurut badan bbelakang zawjii, urutan yg khas bagi saya tidak seperti mengurut biasa. Kemudian, mencari titik-titik sambil menanyakan apakah sakit kepada zawjii. Kemudian, zawjii disuruh tidur terlentang dan menurut bapak Toto ada 7 sengatan tetapi khawatir demam, akhirnya cukup 2 sengatan saja dahulu.

Sengatan pertama mengambil di daerah leher, sebagaimana keluhan zawjii yang sedang flu. Memperhati cara beliau memegang si lebah kecil, sambil mengobati zawjii, beliau banyak berbicara pada saya menjelaskan satu-persatu yang sedang dibuatnya. Dengan ekor sang lebah menyengat, bismillah...

Tiba-tiba, zawjii mengaduh kesakitan sambil sedikit berkaca kaca matanya, menahan rasa sakit....

Kemudian, sang bapak mengeluarkan sesuatu dari sang lebah, seperti cairan agak kental, bening, dan dioleskan ke tempat yang baru saja disengat. Sang lebah pun mati. :(

No comments:

Post a Comment