Monday, 23 July 2012

Air Cincau, Air Syurga!

Hmm...dari awal Ramadhan, aku selalu berfikir :
"Apa yang bisa kusedekahkan setiap hari untuk jiran-jiran kami??"

*****

Sebelum Ramadhan, anak muridku Farhanah pernah kuberikan satu botol kemasan air cincau,
aku membelinya di kedai milik surau depan rumah kami. Senang sekali melihat ekspresi kebahagiaanya, Farhanah bilang air cincau yang kuberikan itu sedap sekali, dan belum pernah ia meminumnya.

Mengenang kejadian itu, kemarin petang. Saat anakku merengek minta dibelikan cincau. Terus aku berikan lembaran sepuluh ringgit. Anakku sempat bingung dan bertanya : "Banyak sekali ummi beli?"
aku tertawa, dan menjelaskan sambil mengajaknya kerumah jiran kami yang sudah lansia.

Barulah ia paham. Aku pun turut senang, semoga sedekah yang sangat sederhana ini menjadi barokah. Aku pun berharap di Syurga nanti, air cincau kesukaan keluarga kami terhidang penuh kelezatan, aamiin!


*****

Bersyukur, mendapatkan taujih dari Ustad Amaluddin, Lc, MA. di hari kedua Ramadhan, saat ifthor bersama teman-teman Indonesia. Ternyata, perkara mengeluarkan infak , bersedekah itu merupakan perkara yang tidak mudah. Begitu antusias saat mendengar taujih beliau, mengusahakan selalu berbuat kebaikan dan terus mengamalkannya, terutama selama bulan Ramadhan, maka kita akan merasakan hubungan kedekatan dengan Allah yang luar biasa! Subhanallah...

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur” (HR. At Tirmidzi dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani).

Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun”
Hadits Riwayat Ahmad (4/144,115,116, 5/192) Tirmidzi (804), ibnu Majah (1746), Ibnu Hibban (895), dishahihkan oleh Tirmidzi.

Mari kita mengenang Rasulullah tercinta .....

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan contoh teladan terbaik bagi kita, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi di bulan Ramadhan. Hal ini diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:


كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من 

رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

“Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

 

*****

Mengapa mesti air cincau?
Yaa, karena kami sekeluarga sangat menyukainya, kami ingin memberi sesuatu yang juga kami sukai. 

Mesti harganya hanya RM 2 saja? 
Yaa, bagiku adalah sedekah dengan yang sederhana namun diusahakan setiap hari (apalagi di bulan Ramadhan).

Semoga Allah memudahkan kami untuk senantiasa bersedekah, karena kami ingin masuk ke syurga melalui pintu tersebut.....kabulkanlah, yaa Robb....


@Rahmajanti'81, Semenanjung Malaysia.

Hari ke-4 Ramadhan.
(HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)(HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

No comments:

Post a Comment